Cite This        Tampung        Export Record
Judul Pendidikan Antikorupsi : Dalam Perspektif Pedagogi Kritis / Haetami; Nurlelah; Mugni Hasan Laksana; Rizqi Mulyawan; Gun Gun Gunawan; Deny Permana; Dwi Saleha; Bambang Wisudo; Ade Irawan; Jimmy PH Paat; Edi Subkhan; Lody F. Paat
Pengarang HAETAMI
NURLELAH
LAKSANA, Mugni Hasan
MULYAWAN, Rizqi
GUNAWAN, Gun Gun
PERMANA, Deny
DWI Saleha
WISUDO, Bambang
IRAWAN, Ade
PAAT, Jimmy PH.
SUBKHAN, Edi
PAAT, Lody F.
PENDIDIKAN Antikorupsi
EDISI Cetakan Pertama, Februari
Penerbitan Malang : Intrans Publishing, 2019
Deskripsi Fisik xviii, 264 halaman :gambar ;14.7x22.5 cmbibliografi;biografi
ISBN 978-602-6293-70-1
Subjek Korupsi
Sumbangan Mahasiswa 2021
Abstrak Tidak ada hari tanpa berita tentang korupsi. Banyak koruptor ditangkap dan dipenjarakan namun korupsi tetap merajalela. Penegakan hukum terbukti tidak memadai ketika korupsi sudah mendarah daging di masyarakat. Pemberantasan korupsi mesti dilakukan multidimensi, termasuk transformasi masyarakat melalui pendidikan. Buku ini merupakan buku manual pendidikan antikorupsi yang memadukan antara modul, perspektif, dan eksperimen pembelajarannya. Buku ini merupakan hasil kolaborasi antara para guru dan tim Akademi Antikorupsi ICW. Buku ini terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama merupakan dokumentasi eksperimen pembelajaran antikorupsi yang ditulis oleh guru-guru dan aktivitas dampingan ICW. Bagian kedua mendiskusikan tentang perspektif pedagogi kritis dalam pendidikan antikorupsi. Bagian ketiga berisi contoh-contoh modul pembelajaran antikorupsi yang dikembangkan tim Akademi Antikorupsi ICW. Pada bagian awal buku kita akan dihadapkan pada eksperimen pembelajaran antikorupsi dengan perspektif pedagogi kritis. Peda
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online OPAC (Rak Tandon)

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
B212045201 364.1323 PEN p.1 Tandon Perpustakaan Politeknik ATI Makassar - Ruang Sirkulasi Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000006711
005 20250107095036
008 250107################g##########0#ind##
020 # # $a 978-602-6293-70-1
035 # # $a 0010-0622000572
082 # # $a 364.1323
084 # # $a 364.1323 PEN p
111 2 # $a PENDIDIKAN Antikorupsi
245 1 # $a Pendidikan Antikorupsi : $b Dalam Perspektif Pedagogi Kritis /$c Haetami; Nurlelah; Mugni Hasan Laksana; Rizqi Mulyawan; Gun Gun Gunawan; Deny Permana; Dwi Saleha; Bambang Wisudo; Ade Irawan; Jimmy PH Paat; Edi Subkhan; Lody F. Paat
250 # # $a Cetakan Pertama, Februari
260 # # $a Malang :$b Intrans Publishing,$c 2019
300 # # $a xviii, 264 halaman : $b gambar ; $c 14.7x22.5 cm$e bibliografi;biografi
520 # # $a Tidak ada hari tanpa berita tentang korupsi. Banyak koruptor ditangkap dan dipenjarakan namun korupsi tetap merajalela. Penegakan hukum terbukti tidak memadai ketika korupsi sudah mendarah daging di masyarakat. Pemberantasan korupsi mesti dilakukan multidimensi, termasuk transformasi masyarakat melalui pendidikan. Buku ini merupakan buku manual pendidikan antikorupsi yang memadukan antara modul, perspektif, dan eksperimen pembelajarannya. Buku ini merupakan hasil kolaborasi antara para guru dan tim Akademi Antikorupsi ICW. Buku ini terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama merupakan dokumentasi eksperimen pembelajaran antikorupsi yang ditulis oleh guru-guru dan aktivitas dampingan ICW. Bagian kedua mendiskusikan tentang perspektif pedagogi kritis dalam pendidikan antikorupsi. Bagian ketiga berisi contoh-contoh modul pembelajaran antikorupsi yang dikembangkan tim Akademi Antikorupsi ICW. Pada bagian awal buku kita akan dihadapkan pada eksperimen pembelajaran antikorupsi dengan perspektif pedagogi kritis. Pedagogi kritis merupakan antitesa pendidikan bergaya bank, yang menjejalkan pengetahuan dan nilai-nilai pada anak. Pedagogi kritis menawarkan pendekatan dialogis, hadap masalah, dengan menggunakan bahasa kritik dan mengajak murid untuk mengambil sikap dan melakukan tindakan. Buku ini ingin mengembalikan makna, fungsi dan metode pendidikan di sekolah yang belum sanggup menelurkan generasi-generasi antikorupsi hingga saat ini. Dengan khazanah pemikiran dan praktis pedagogi kritis ala Paulo Freire, Ki Hajar Dewantara, Tan Malaka, dan lain-lain. Buku ini mendorong pembaca untuk mengembalikan pendidikan pada relnya. Dalam buku ini disajikan pula bagaimana para guru mengisahkan sendiri upaya mereka dalam melakukan pendidikan antikorupsi dengan cara-cara unik dan kreatif dan sangat mengesankan bagi siswa. Buku ini memberikan setumpuk harapan bahwa korupsi sangat bisa dilawan dengan pendidikan kritis. Gagasan, konsep, dan kisah-kisah pedagogi kritis antikorupsi dalam buku ini sangat inspiratif. Buku ini sangat perlu dibaca, tidak hanya oleh para guru yang mengajar pendidikan antikorupsi, tetapi juga para guru yang pada umumnya, pejabat sekolah, dinas pendidikan dan masyarakat luas. Berikut rincian isi buku: Pengantar Penulis, Prawacana Adnan Topan Husodo dan Ani Soetjipto, Pengantar Penerbit, Bagian pertama membahas Pengalaman Pembelajaran Antikorupsi: 1) Belajar Antikorupsi dari Busung Lapar, mengorek Anggaram Kabupaten 2) Dari Pasar Tradisional Belajar Antikorupsi 3) Bertemu Pak Kades Menanyakan Anggaran Desa 4) Belajar Kemiskinan Membangun Sikap Kritis 5) Kerja Tangan Melawan Korupsi 6) Belajar Hak dan Kewajiban Warga Negara 7) Belajar Antikorupsi Melawan Apatisme; Bagian Kedua: Perspektif Pedagogi Kritis dalam Pendidikan Antikorupsi 8) Pedagogi dan Literasi Kritis 9) Pedagogi Kritis dalam Pendidikan Antikorupsi ; Bagian Ketiga: Contoh Modul Pembelajaran Antikorupsi 10) Modul Pembelajaran Antikorupsi
650 # 4 $a Korupsi
650 # 4 $a Sumbangan Mahasiswa 2021
700 1 # $a DWI Saleha
700 1 # $a GUNAWAN, Gun Gun
700 0 # $a HAETAMI
700 1 # $a IRAWAN, Ade
700 1 # $a LAKSANA, Mugni Hasan
700 1 # $a MULYAWAN, Rizqi
700 1 # $a NURLELAH
700 1 # $a PAAT, Jimmy PH.
700 0 # $a PAAT, Lody F.
700 0 # $a PERMANA, Deny
700 1 # $a SUBKHAN, Edi
700 1 # $a WISUDO, Bambang
856 # # $a OPAC (Rak Tandon)
990 # # $a 452/SM-21
Content Unduh katalog