Tag
|
Ind1
|
Ind2
|
Isi
|
001
|
|
|
INLIS000000000000903
|
005
|
|
|
20220328033230
|
008
|
|
|
220328################|##########|#|##
|
035
|
#
|
#
|
$a 0010-1221000126
|
082
|
#
|
#
|
$a (R)2021 TA-TIA 818
|
084
|
#
|
#
|
$a (R)2021 TA-TIA 818 FIT p
|
100
|
0
|
#
|
$a FITRA Fadilla
|
245
|
1
|
#
|
$a Pengendalian Kualitas Kemasan Produk Gula Dengan Metode Fishbone dan Diagram L-Matrix Pada Pabrik Gula Camming di Kabupaten Bone (Studi Kasus : Pabrik Gula Camming Kabupaten Bone) : $b Tugas Akhir /$c Fitra Fadilla
|
250
|
#
|
#
|
$a 2021
|
260
|
#
|
#
|
$a Makassar :$b Politeknik ATI Makassar - Teknik Industri Agro,$c 2021
|
300
|
#
|
#
|
$a xi, 36 halaman : $b Tabel, gambar ; $c 20,5x29 cm
|
520
|
#
|
#
|
$a PT. Perkebunan Nusantara atau biasa disebut sebagai PTPN merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki kewenangan untuk mengelola perkebunan yang ada di Indonesia. PTPN X sendiri telah mengelola tiga pabrik salah satunya yaitu Pabrik Gula Camming. Pabrik Gula Camming terletak di Wanuawaru, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia yang merupakan perusahaan yang memproduksi gula dengan jumlah yang relatif cukup besar yaitu rata-rata sebesar 350.000 ton pertahun. Masalah yang saat ini dihadapi oleh PG. Camming saat ini adalah banyaknya cacat pada kemasan produk gula pasir yang berukuran 50 kg. Ada beberapa jenis cacat produk, diantaranya adalah cetakan kurang terang, kemasan sobek, kemasan kotor, dan jahitan terlepas. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab cacat atau reject pada kemasan produk gula tebu dan bagaimana meningkatkan kualitas kemasan produk gula tebu pada pabrik Gula Camming menggunakan metode diagram Fishbone untuk mengetahui akar dari permasalahan tersebut, dan menggunakan diagram LMatrix untuk metode perbaikan, atau solusi dari permasalahan tersebut. Dari hasil metode fishbone penyebab kecacatan dari kemasan produk gula tebu berasal dari factor manusia, metode, mesin, material dan lingkungan dan hasil dari L-Matrix berupa tindakan perbaikan yaitu dilakukan pengawasan ketat terhadap operator dengan cara melakukan pengawasan secara rutin serta melakukan training tentang SOP kepada operator.
|
650
|
#
|
4
|
$a Tugas Akhir TIA 2021
|
856
|
#
|
#
|
$a OPAC (Rak TA TIA 2021)
|
990
|
#
|
#
|
$a 154/TA TIA 2021
|