Tag
|
Ind1
|
Ind2
|
Isi
|
001
|
|
|
INLIS000000000006712
|
005
|
|
|
20230330104534
|
008
|
|
|
230330################g##########0#ind##
|
020
|
#
|
#
|
$a 978-602-7641-61-7
|
035
|
#
|
#
|
$a 0010-0622000573
|
082
|
#
|
#
|
$a 373.1
|
084
|
#
|
#
|
$a 373.1 ASM p
|
100
|
1
|
#
|
$a ASMANI, Jamal Ma'mur
|
245
|
1
|
#
|
$a Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal : $b Pengertian PBKL (Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal), Tujuan PBKL, Langkah Pengembangan PBKL, Strategi Implementasi PBKL, Memahami Kurikulum PBKL, Keunggulan PBKL, dll /$c Jamal Ma'mur Asmani
|
250
|
#
|
#
|
$a Cetakan pertama, September
|
260
|
#
|
#
|
$a Jogjakarta :$b Diva Press,$c 2012
|
300
|
#
|
#
|
$a 224 halaman : $b Tabel; gambar ; $c 13.7x20 cm
|
520
|
#
|
#
|
$a Indonesia memiliki banyak potensi di setiap daerah atau yang disebut keunggulan lokal yang mencakup aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain. Akan tetapi, potensi besar tersebut termarginalkan dan dipandang sebelah mata. Terdorong keinginan untuk memaksimalkan semua potensi itu, lahirlah pendidikan berbasis keunggulan lokal (PBKL). Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal ini diharapkan mampu membangkitkan potensi lokal yang selama termarginalkan dan teralinasi dari perhatian publik. Keunggulan lokal yang dikembangkan ini sangat diharapkan menjadi produk unggulan yang bernilai ekonomis dan kompetitif di pasaran. Buku ini mencoba menggugah kesadaran insan pendidikan dan semua pihak yang terkait untuk mulai merintis program keunggulan lokal yang benar-benar bertujuan mengangkat perekonomian masyarakat. Kesuksesan lembaga pendidkan dalam menggali dan mengembangkan keunggulan lokal ini secara otomatis bisa mengangkat reputasi sekolah di tengah masyarakat. Buku ini mengupas tuntas mengenai pengertian, tujuan, landasan, ruang lingkup, dan langkah pengembangan PBKL, serta pihak-pihak yang terlibat. Selain itu dijelaskan juga keunggulan elemen-elemen krusial, serta berbagai kendala implementasi PBKL. Tidak hanya itu di dalam buku ini juga dicontohkan beberapa sekolah yang sukses mengembangkan PBKL. Bab kedua buku ini menjelaskan pemahaman tentang pendidikan berbasis keunggulan lokal. Bab ketiga menerangkan kurikulum berbasis keunggulan lokal. Bab keempat membahas keunggulan pendidikan berbasis keunggulan lokal. Bab kelima menerangkan elemen-elemen krusial yang harus ada pada pendidikan berbasis keunggulan lokal. Bab keenam menjelaskan kendala-kendala yang dijumpai dalam pelaksanaan pendidikan berbasis keunggulan lokal. Bab ketujuh menguraikan kiat sukses mengembangkan pendidikan berbasis keunggulan lokal, yang berisi ide-ide kreatif dan efektif. Bab kedelapan memberikan contoh konkret pendidikan berbasis keunggulan lokal yang diterapkan di sekolah-sekolah. Bab kesembilan menjelaskan korelasi pendidikan berbasis keunggulan lokal dengan kebangkitan daerah. Dan diakhiri dengan bab kesepuluh yaitu penutup. Buku ini menjadi buku pegangan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan PBKL agar kualitas sekolah semakin menjanjikan, kesejahteraan masyarakat meningkat, serta budaya kompetitif dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
|
650
|
#
|
4
|
$a Aktivitas Pendidikan Lanjutan
|
650
|
#
|
4
|
$a Sumbangan Mahasiswa 2021
|
856
|
#
|
#
|
$a OPAC (Rak 4.8)
|
990
|
#
|
#
|
$a 413/SM-21
|