Cite This        Tampung        Export Record
Judul Identifikasi Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus: IKM Kerupuk Tortilla/Kebab di Kelurahan Tamamaung) : Tugas Akhir / Muh. Rahmat Hidayah A. M. (19TIA594)
Pengarang RAHMAT Hidayah A. M., Muh.
EDISI 2023
Penerbitan Makassar : Politeknik ATI Makassar - Teknik Industri Agro, 2023
Deskripsi Fisik xii + 49 halaman :Tabel;Gambar ;20,5 x 29 cm.Bibliografi;Lampiran
Subjek Tugas Akhir TIA 2023
Abstrak ABSTRAK MUH. RAHMAT HIDAYAH A. M, 2023. "IDENTIFIKASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus: IKM Keripik Tortilla/Kebab Di Kelurahan Tamamaung)". Dibawah bimbingan Bapak Muhammad Basri selaku pembimbing I dan Ibu Andi Nurwahidah selaku pembimbing II. IKM keripik tortilla/kebab didirikan oleh seorang ibu rumah tangga di kelurahan Tamamaung, memanfaatkan sisa potongan tortilla/kebab menjadi produk cemilan yang bernilai jual dari UD. Ratu Tortilla Makassar. Permasalahan yang dihadapi, yaitu di mana IKM keripik tortilla/kebab belum memiliki strategi pengembangan usaha, serta banyaknya muncul usaha serupa yang mengakibatkan kurang maksimalnya penjualan karena melakukan penjualan pada daerah yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi perkembangan usaha keripik tortilla/kebab, juga pada strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan agar mampu berkembang menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis yang telah dilak
Bentuk Karya Tidak ada kode yang sesuai
Target Pembaca Tidak ada kode yang sesuai
Lokasi Akses Online OPAC (TA TIA 2023)

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
T238310034 (R)2023 TA-TIA 818 RAH i Baca di tempat Perpustakaan Politeknik ATI Makassar - Ruang Referensi Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000009637
005 20231103010656
007 ta
008 231103################|##########|#|##
035 # # $a 0010-1023000055
082 # # $a (R)2023 TA-TIA 818
084 # # $a (R)2023 TA-TIA 818 RAH i
100 0 # $a RAHMAT Hidayah A. M., Muh.
245 1 # $a Identifikasi Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus: IKM Kerupuk Tortilla/Kebab di Kelurahan Tamamaung) : $b Tugas Akhir /$c Muh. Rahmat Hidayah A. M. (19TIA594)
250 # # $a 2023
260 # # $a Makassar :$b Politeknik ATI Makassar - Teknik Industri Agro,$c 2023
300 # # $a xii + 49 halaman : $b Tabel;Gambar ; $c 20,5 x 29 cm.$e Bibliografi;Lampiran
520 # # $a ABSTRAK MUH. RAHMAT HIDAYAH A. M, 2023. "IDENTIFIKASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus: IKM Keripik Tortilla/Kebab Di Kelurahan Tamamaung)". Dibawah bimbingan Bapak Muhammad Basri selaku pembimbing I dan Ibu Andi Nurwahidah selaku pembimbing II. IKM keripik tortilla/kebab didirikan oleh seorang ibu rumah tangga di kelurahan Tamamaung, memanfaatkan sisa potongan tortilla/kebab menjadi produk cemilan yang bernilai jual dari UD. Ratu Tortilla Makassar. Permasalahan yang dihadapi, yaitu di mana IKM keripik tortilla/kebab belum memiliki strategi pengembangan usaha, serta banyaknya muncul usaha serupa yang mengakibatkan kurang maksimalnya penjualan karena melakukan penjualan pada daerah yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi perkembangan usaha keripik tortilla/kebab, juga pada strategi pengembangan usaha yang dapat diterapkan agar mampu berkembang menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis yang telah dilakukan, diketahui yang mempengaruhi perkembangan usaha ini terdapat empat faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dengan total skor 3,40 yang menandakan level internal kuat karena adanya faktor kekuatan seperti harga yang murah dan memiliki banyak varian rasa dengan nilai skor 0,66, juga terdapat empat faktor eksternal (peluang dan ancaman) dengan total skor 3,47 yang menandakan level eksternal kuat, karena terdapat faktor peluang terbesar seperti adanya lembaga pemberdayaan UMKM dan KUR dengan nilai skor 1,01. Akan tetapi, terdapat ancaman terbesar seperti belum adanya izin P-IRT dan sertifikasi halal dengan nilai skor 1,01. Berdasarkan hasil pada diagram kuadran SWOT yang menunjukkan di mana posisi usaha keripik tortilla/kebab saat ini berada pada kuadran I (mendukung strategi agresif) menandakan bahwa situasi ini sangat menguntungkan, karena memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kelemahan dan ancaman. Pada matriks SWOT dikembangkan empat strategi pada S-O (Strengths-Opportunities), W-O (Weaknesses-Opportunities), S-T (Strengths-Threats), dan dua strategi pada W-T (Weaknesses-Threats) yang dapat diterapkan pada usaha keripik tortilla/kebab. Kata Kunci: SWOT, Strategi, Daya Saing, Keripik Tortilla/Kebab.
650 # 4 $a Tugas Akhir TIA 2023
856 # # $a OPAC (TA TIA 2023)
990 # # $a 34/TA TIA 2023
Content Unduh katalog
 
Karya Terkait :
Optimasi Rute Pendistribusian Produk Unilever Menggunakan Algoritma Weep pada PT. Tiran Makassar : Tugas Akhir / Rizky Hidayah Ilyas (20TIA678) Evaluasi Lingkungan Kerja Dengan Pendekatan Prinsip 5S Pada Gudang Bulk PT. Sinergi Gula Nusantara (Unit Pabrik Gula Bone) : Tugas Akhir / Mukarroma (20TIA707) Optimalisasi Jumlah Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja Mental Dengan Metode NASA-TLX Pada Departemen HRD (Studi Kasus Pada PT. Eastern Pearl Flour Mills Makassar) : Tugas Akhir / Widya Zalzha (20TIA647) Pengaruh Faktor Produksi Ayam Broiler Terhadap Pendapatan Peternak Dengan Pola Inti Plasma di PT. XYZ : Tugas Akhir / Nur Anggreni Rahmat (20TIA638) Perhitungan Efektivitas Kinerja Excavator Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Kegiatan Penambangan Limestone PT Topabiring Translogistik Kabupaten Pangkep : Tugas Akhir / Khairunnisa Qurnaini (20TIA701) Show More