Cite This        Tampung        Export Record
Judul Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia / Dr. Henry Guntur Tarigan
Pengarang TARIGAN, Henry Guntur
EDISI Cetakan 1
Penerbitan Bandung : Angkasa, 1985
Deskripsi Fisik viii, 238 halaman :gambar ;14,5x21 cm
Subjek Sistem Ejaan
Sumbangan Pegawai 2023
Abstrak Pada prinsipnya tujuan akhir setiap pengajaran bahasa ialah agar para pelajar terampil berbahasa. Terampil berbahasa berarti terampil menyimak, terampil berbicara, terampil membaca, dan terampil menulis. Agar tujuan tersebut tercapai, maka pengayaan kosakata para pelajar harus diperkaya. Tanpa kosakata yang cukup, kita tidak dapat mengharapkan seseorang akan terampil berbahasa. Kenyataannya bahan-bahan pengajaran dan pelajaran yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa dan pengajaran bahasa dalam bahasa Indonesia masih sangat kurang. Padahal bahan-bahan tersebut sangat dibutuhkan. Hingga kini masih terdapata banyak salah ejaan dalam pemakaian bahasa Indonesia di segala lapisan masyarakat Indonesia. Ini berarti bahwa di antara kita masih banyak orang yang belum dapat menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dengan baik. Buku ini memuat 6 bab. Pada bab awal pendahuluan membahas batasan ejaan; kurikulum ejaan; metode pengajaran ejaan; Sejarah ejaan Bahasa Indonesia. Bab Dua Pemakaian Huruf membaha
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online OPAC (Rak 5.8)

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
B233000601 499.2211 TAR p.1 Baca di tempat Perpustakaan Politeknik ATI Makassar - Ruang Referensi Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000008878
005 20230427092019
007 ta
008 230427################g##########0#ind##
035 # # $a 0010-0423000069
082 # # $a 499.2211
084 # # $a 499.2211 TAR p
100 1 # $a TARIGAN, Henry Guntur
245 1 # $a Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia /$c Dr. Henry Guntur Tarigan
250 # # $a Cetakan 1
260 # # $a Bandung :$b Angkasa,$c 1985
300 # # $a viii, 238 halaman : $b gambar ; $c 14,5x21 cm
520 # # $a Pada prinsipnya tujuan akhir setiap pengajaran bahasa ialah agar para pelajar terampil berbahasa. Terampil berbahasa berarti terampil menyimak, terampil berbicara, terampil membaca, dan terampil menulis. Agar tujuan tersebut tercapai, maka pengayaan kosakata para pelajar harus diperkaya. Tanpa kosakata yang cukup, kita tidak dapat mengharapkan seseorang akan terampil berbahasa. Kenyataannya bahan-bahan pengajaran dan pelajaran yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa dan pengajaran bahasa dalam bahasa Indonesia masih sangat kurang. Padahal bahan-bahan tersebut sangat dibutuhkan. Hingga kini masih terdapata banyak salah ejaan dalam pemakaian bahasa Indonesia di segala lapisan masyarakat Indonesia. Ini berarti bahwa di antara kita masih banyak orang yang belum dapat menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dengan baik. Buku ini memuat 6 bab. Pada bab awal pendahuluan membahas batasan ejaan; kurikulum ejaan; metode pengajaran ejaan; Sejarah ejaan Bahasa Indonesia. Bab Dua Pemakaian Huruf membahas abjad; vocal, diftong, konsonan, persekutuan; nama diri. Bab Tiga Penulisan Huruf membahas Huruf Besar atau Huruf Kapital; Huruf Miring. Bab empat Penulisan Kata membahas kata dasar; kata turunan; kata ulang; gabungan kata; kata ganti; kata depan; kata si dan sang; partikel; angka dan bilangan. Bab Lima Penulisan Unsur Serapan membahas Gabungan Vocal; Gabungan Konsonan; Aneka Akhiran Asing. Bab Enam Tanda Baca membahas Tanda Titik; Tanda Koma; Tanda Titik Koma; Tanda Titik Dua; Tanda Hubung; Tanpa Pisah; Tanda Elipis; Tanda Tanya; Tanda Seru; Tanda Kurung; Tanda Kurung Siku; Tanda Petik; Tanda Petik Tunggal; Tanda Ulang; Tanda Garis Miring; Tanda Menyingkatkan atau apostrof
650 # 4 $a Sistem Ejaan
650 # 4 $a Sumbangan Pegawai 2023
856 # # $a OPAC (Rak 5.8)
990 # # $a 06/SP-23
Content Unduh katalog