Cite This        Tampung        Export Record
Judul Hukum Perlindungan Konsumen : Dimensi Hukum Positif dan Ekonomi Syariah / Aulia Muthiah
Pengarang Aulia Muthiah
EDISI Cet. 1
Penerbitan Yogyakarta : Pustaka baru press, 2018
Deskripsi Fisik 240 halaman :gambar ;15 x 23 cm
ISBN 978-602-376-164-7
Subjek Perdagangan - Perlindungan Konsumen
Abstrak Perlindungan terhadap konsumen merupakan salah satu kajian hokum yang paling dinamis baik dari sisi hukum positif maupun hukum Islam. Hal ini terjadi karena Hukum Perlindungan Konsumen bersinggungan langsung dengan aktifitas perekonomian yang berkembang secara signifikan seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Banyak hak-hak konsumen yang tidak dipenuhi dan dilanggar oleh pelaku usaha dalam kegiatan bisnisnya disebabkan karena kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui hak-haknya sebagai konsumen, sehingga pelaku usaha dengan mudah mempermainkan konsumen. Kepentingan kedua belah pihak harus terpenuhi dengan adanya hukum yang mengatur kepentingan konsumen dengan pelaku usaha. Tujuannya adalah agar tidak ada pihak yang dirugikan akibat dari perbuatan salah satu pihak. Untuk itu diperlukan aturan yang akan menjembatani antara kepentingan pelaku usaha dengan kepentingan konsumen. Buku ini mengkaji salah satu permasalahan tersebut yaitu perlindungan konsumen dengan membahas dua aspek hukum
Bahasa Tidak tersedia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Tidak diketahui / tidak ditentukan
Lokasi Akses Online OPAC (Rak 4.4)

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
153/SM-19 381.3 AUL h Baca di tempat Perpustakaan Politeknik ATI Makassar - Ruang Referensi Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000000346
005 20250314090243
008 250314###########################0######
020 # # $a 978-602-376-164-7
035 # # $a 0010-0721000016
082 # # $a 381.3
084 # # $a 381.3 AUL h
100 0 # $a Aulia Muthiah
245 1 # $a Hukum Perlindungan Konsumen : $b Dimensi Hukum Positif dan Ekonomi Syariah /$c Aulia Muthiah
250 # # $a Cet. 1
260 # # $a Yogyakarta :$b Pustaka baru press,$c 2018
300 # # $a 240 halaman : $b gambar ; $c 15 x 23 cm
520 # # $a Perlindungan terhadap konsumen merupakan salah satu kajian hokum yang paling dinamis baik dari sisi hukum positif maupun hukum Islam. Hal ini terjadi karena Hukum Perlindungan Konsumen bersinggungan langsung dengan aktifitas perekonomian yang berkembang secara signifikan seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Banyak hak-hak konsumen yang tidak dipenuhi dan dilanggar oleh pelaku usaha dalam kegiatan bisnisnya disebabkan karena kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui hak-haknya sebagai konsumen, sehingga pelaku usaha dengan mudah mempermainkan konsumen. Kepentingan kedua belah pihak harus terpenuhi dengan adanya hukum yang mengatur kepentingan konsumen dengan pelaku usaha. Tujuannya adalah agar tidak ada pihak yang dirugikan akibat dari perbuatan salah satu pihak. Untuk itu diperlukan aturan yang akan menjembatani antara kepentingan pelaku usaha dengan kepentingan konsumen. Buku ini mengkaji salah satu permasalahan tersebut yaitu perlindungan konsumen dengan membahas dua aspek hukum yaitu pertama hukum positif yang sudah disahkan oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK), kedua hukum Islam pada kajian Ekonomi Syariah dengan dasar hukumnya Al-Qur’an, hadis dan pendapat-pendapat ahli fiqih. Buku ini bermanfaat bagi para akademisi yang berkonsentrasi dalam hukum perlindungan konsumen terutama para mahasiswa yang berstudi pada fakultas hukum dan fakultas syariah, namun buku ini juga dapat digunakan kepada khalayak umum yang memerlukan ilmu tentang perlindungan konsumen atau ingin mempelajari kiat menjadi konsumen cerdas baik dari sisi hukum positif maupun hukum Islam.
650 # 4 $a Perdagangan - Perlindungan Konsumen
856 # # $a OPAC (Rak 4.4)
990 # # $a 153/SM-19
Content Unduh katalog