Cite This        Tampung        Export Record
Judul Metode Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan / Prof. Dr. Sugiyono
Pengarang SUGIYONO
EDISI Edisi ke-3, Cetakan ke-1, April
Penerbitan Bandung : Alfabeta, 2019
Deskripsi Fisik xii, 908 Halaman :gambar; tabel ;16 x 24 CmBiblografi; Biografi
ISBN 978-602-289-520-6
Subjek Riset Penelitian Pendidikan
Smbangan Mahasiswa 2023
Abstrak Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi, maka setiap upaya meningkatkan kualitas tersebut perlu dilakukan penelitian. Supaya penelitian dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat. Metode penelitian secara umum dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu: 1. Metode kuantitatif, disebut sebagai metode tradisional, positivistic, scientific, confirmatory; 2. Metode kualitatif disebut sebagai metode baru, postpositivistic, discovery, interpretative; 3. Metode penelitian dan pengembanga (R&D) yaitu penelitian yang bermaksud menghasilkan produk tertentu dan sekaligus menguji keefektifan produk tersebut. Dalam buku ini, ketiga Metode tersebut diuraikan secara lugas, jelas dan tuntas, dengan bahasa yang mudah dimengerti serta diberikan contoh-contoh kongkrit.
Catatan DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ………………………………………… ii DAFTAR ISI …………………………………………………. iv BAGIAN PERSPEKTIF METODE PENELITIAN………. 1 BAB I KONSEP DASAR METODE PENELITIAN Pengertian Metode Penelitian ……..………… 2 Macam Data Penelitian …………………….. 9 Jenis-jenis Metode Penelitian …………………….. 14 Perbedaan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi……………………… 28 Sistem Pendidikan Nasional dan Ruang Lingkup Penelitian Pendidikan…………….. 39 Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi …………….. 47 BAGIAN 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF BAB II METODE PENELITIAN SURVEI Pengertian Metode Survei…………………… 59 Prose Penelitian Survei……………………… 62 Masalah ………………………………. 66 Rumusan Masalah ………………………. 66 Variabel Penelitian ……………………………… 74 Model Hubungan Antar Variabel Penelitian ……………… 79 Menemukan Masalah ……………………… 89 BAB III LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS Pengertian Teori …………………………….. 94 Tingkatan dan Fokus Teori ………………… 100 Kegunaan Teori dalam Penelitian …………..
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Umum
Lokasi Akses Online OPAC (Rak Tandon - Rak 4.8)

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
B232033001 370.72 SUG m.1 Baca di tempat Perpustakaan Politeknik ATI Makassar - Ruang Referensi Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000012167
005 20240831060441
007 ta
008 240831################g##########0#ind##
020 # # $a 978-602-289-520-6
035 # # $a 0010-0724000319
082 # # $a 370.72
084 # # $a 370.72 SUG m
100 0 # $a SUGIYONO
245 1 # $a Metode Penelitian Pendidikan : $b Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan /$c Prof. Dr. Sugiyono
250 # # $a Edisi ke-3, Cetakan ke-1, April
260 # # $a Bandung :$b Alfabeta,$c 2019
300 # # $a xii, 908 Halaman : $b gambar; tabel ; $c 16 x 24 Cm$e Biblografi; Biografi
505 # # $a DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ………………………………………… ii DAFTAR ISI …………………………………………………. iv BAGIAN PERSPEKTIF METODE PENELITIAN………. 1 BAB I KONSEP DASAR METODE PENELITIAN Pengertian Metode Penelitian ……..………… 2 Macam Data Penelitian …………………….. 9 Jenis-jenis Metode Penelitian …………………….. 14 Perbedaan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi……………………… 28 Sistem Pendidikan Nasional dan Ruang Lingkup Penelitian Pendidikan…………….. 39 Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi …………….. 47 BAGIAN 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF BAB II METODE PENELITIAN SURVEI Pengertian Metode Survei…………………… 59 Prose Penelitian Survei……………………… 62 Masalah ………………………………. 66 Rumusan Masalah ………………………. 66 Variabel Penelitian ……………………………… 74 Model Hubungan Antar Variabel Penelitian ……………… 79 Menemukan Masalah ……………………… 89 BAB III LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS Pengertian Teori …………………………….. 94 Tingkatan dan Fokus Teori ………………… 100 Kegunaan Teori dalam Penelitian ………….. 101 Deskrisi Teori ……………………………….106 Kerangka Berfikir ………………………….. 108 Rumusan Hipotesis………………………115 BAB IV METODE PENELITIAN EKSPERIMEN Pengertian Metode Eksperimen…………… 126 Berbagai Desain Dalam metode Eksperimen 128 Proses Penelitian Eksperimen ………………. 139 Penelitian eksperimen Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi………………………. 140 BAB V POPULASI DAN SAMPEL Populasi …………………………………….. 166 Sampel ……………………………………… 167 Teknik Sampling …………………………… 169 Menentukan Ukuran Sampel ……………….. 176 Contoh Menentukan Ukuran Sampel ……… 183 Cara Mengambil Anggota Sampel ………….185 BAB VI SKALA PENGUKURAN DAN INSTRUMEN PENELITIAN Macam-macam skala pengukuran ………….. 187 Instrumen Penelitian ………………………… 201 Cara Menyusun Instrumen ………………….. 203 Contoh Judul Penelitian dan Instrumen yg dikembangkan ………………………….. 214 Validitas dan Reliabilitas Instrumen ………… 227 Pengujian Validitas dan Reliabilitas Instrumen ……………………………………. 233 BAB VII TEKNIK PENGUMPULAN DATA Interview/Wawancara ………………………. 250 Kuesioner …………………………………… 255 Observasi …………………………………… 259 BAB VIII ANALISIS DATA Statistik Deskriptif dan Inferensial ………… 262 Statistik Parametris dan Nonparametris …….. 265 Judul Penelitian dan Statistik yang digunakan untuk analisis ……………………….. 271 Konsep Dasar Pengujian Hipotesis ………….. 279 BAB IX CONTOH ANALISIS DATA DAN PENGUJIAN HIPOTESIS Contoh 1 …………………………………. 289 Pengujian normalitas data, t-test satu sampel, Korelasi Product Moment, Korelasi Ganda, Korelasi Parsial, t-test dua sampel, dan Analisis Varians Satu Jalan ……………… Contoh 2 …………………………………… 336 Analisis Regresi Sederhana dan regresi Ganda BAB X MEMBUAT JUUDL DAN PROPOSAL PENELITIAN KUANTITATIF Membuat Judul……………………………….. 351 Menyusun Proposal………………………….. 362 BAB XI MENYUSUN LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF BAGIAN 3 METODE PENELITIAN KUALITATIF BAB XII MASALAH, FOKUS, JUDUL, DAN TEORI DALAM PENELITIAN KUALITATIF Kapan Metode Kualitatif Digunakan …………… 382 Masalah Dalam Penelitian Kualitatif ……….. 386 Fokus Penelitian ……………………………… 388 Bentuk Rumusan Masalah …………………… 391 Judul Penelitian Kualitatif …………………… 401 Contoh judul penelitian dan rumusan masalah…………… 404 Teori dalam Penelitian Kualitatif ……………415 BAB XIII POPULASI DAN SAMPEL Pengertian …………………………………… 418 Teknik Pengambilan Sampel ………………. 421 BAB XIV INSTRUMEN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA Instrumen Penelitian ……………………….. 427 Teknik Pengumpulan Data …………………. 430 Pengumpulan Data Dengan Observasi ……… 432 Pengumpulan Data Dengan Wawancara…….. 439 Pengumpulan Data Dengan Dokumen ……… 451 Trianggulasi ………………………………….452 BAB XV TEKNIK ANALISIS DATA Pengertian …………………………………. 455 Analisi Data Model Miles and Huberman…………………… 459 Analisis data Selama di Lapangan model Spradley …………………. 469 Analisis Data Kualitatif Menurut Creswell …………………486 Analisis Data Kualitatif Model Lain ………………………..491 Contoh Analisis Data Kualitatif ………………………..498 BAB XVI VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN KUALITATIF Pengertian ……………………………………. 506 Pengujian validitas dan reliabilitas penelitian kualitatif…………………………… 509 Uji Kredibilitas …………………………… 511 Pengujian Transferability …………………. 519 Pengujian Depenability …………………… 520 Pengujian Confirmability …………………. 520 BAB XVII PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF……………. 522 BAB XVIII LAPORAN PENELITIAN KUALITATIF……………… 535 BAGIAN 4 PENELITIAN KOMBINASI (MIXED METHODS) BAB XIX KONSEP DASAR PENELITIAN KOMBINASI …………………… 544 Landasan Filsafat ………………………. 544 Karakteristik Metode Kuantitatif, Kombinasi dan Kualitatif ……………………………….. 549 Pengertian Metode Kombinasi …………….. 552 Varian Metode Kombinasi …………………. 553 Model Metode Penelitian Kombinasi ………. 555 Model Sequential ………………………. 557 Model Concurrent …………………… 560 Level Penggabungan …………………….. 562 BAB XX METODE KOMBINASI MODEL SEQUENTIAL EXPLANATOR Pengertian …………………………………. 565 Langkah-langkah penelitian Desain/model Sequential Explanatory………………………. 565 Contoh Penelitian ……………………………. 572 Judul penelitian …………………………. 572 Rumusan Masalah ………………… 573 Landasan Teori ……………………… 575 Pengumpulan Data dan Analisis Data Kuantitatif ………………………… 576 Penentuan Sumber Data untuk Penelitian Kualitatif …………………. 585 Pengumpulan data dan Analisis Data Kualitatif ……………………………. 586 Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif …………….. 603 Kesimupulan Dan Saran………….. 616 Contoh Judul-judul Penelitian………….. 619 Proposal Penelitian ………………………. 625 Laporan Penelitian ……………………….. 625 BAB XXI METODE KOMBINASI MODEL SEQUENTIAL EXPLORATORY Pengertian ………………………………… 629 Langkah-langkah Penelitian ……………….. 630 Contoh Penelitian ………………………… 633 Judul Penelitian ……………………… 633 Rumusan Masalah ……………………. 633 Kajian Teori …………………………. 634 Pengumpulan Data dan Analisis Data Kualitatif …………………………….635 Hasil Penelitian Kualitatif ………………………… 637 Penentuan populasi dan Sampel Untuk Menguji Hipotesis…………………. 640 Analisi Data Kuantitatif………………. 644 Kesimpulan dan Saran……………. 646 Contoh Judul-judul penelitian ………….. 648 Proposal Penelitian …………………… 634 Laporan Penelitian ……………………….. 656 BAB XXII METODE KOMBINASI MODEL CONCURRENT TRIANGGULATION Pengertian ………………………………… 658 Langkah-langkah Penelitian ……………….. 659 Contoh Penelitian ………………………… 661 Judul Penelitian ……………………… 661 Rumusan Masalah …………………….. 661 Kajian Teori dan Hipotesis ……………… 661 Subyek dan Sumber Data Penelitian……………………. 662 Teknik Pengumpulan Data …………… 663 Hasil Penelitian………………………. 665 Kesimpulan dan Saran……………….. 682 Contoh Judul-judul penelitian ………….. 685 Proposal Penelitian …………………………690 Laporan Penelitian ………………………………. 693 BAB XXIII METODE KOMBINASI MODEL CONCURRENT EMBEDDED Pengertian ………………………………… 696 Langkah-langkah Penelitian ………………..697 Contoh Penelitian ………………………… 702 Contoh Penelitian dengan Metode Kuantitatif sebagai metode Primer 702 Contoh Penelitian dengan Metode Kualitatif sebagai metode Primer Contoh Judul-judul penelitian ………….. 742 Proposal Penelitian ……………………….. 760 Laporan Penelitian ……………………….. 764 BAGIAN 5 PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (R&D) DAN PENELITIAN TINDAKAN BAB XXIV METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN Pengertian …………………………………………….. 773 Lingkup Penelitian dan Pengembangan……. 776 Produk yang dihasilkan dari Penelitian dan Pengembangan……………………………… 781 Langkah-langkah penelitian dan pengembangan …………………………….. 783 Laporan Penelitian R & D…………………. 815 Contoh judul penelitian dan pengembangan ……………….. 818 BAB XV METODE PENELITIAN TINDAKAN Pengertian Metode Penelitian Tindakan…….. 835 Macam Penelitian Tindakan………………… 842 Langkah-langkah Penelitian Tindakan…….. 852 Kompetensi Peneliti Penelitian Tindakan…… 869 Contoh Laporan Peneitian Tindakan ……….. 871 DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………….. 905 LAMPIRAN TABEL STATISTIK …………………………………. 910
520 # # $a Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi, maka setiap upaya meningkatkan kualitas tersebut perlu dilakukan penelitian. Supaya penelitian dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat. Metode penelitian secara umum dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu: 1. Metode kuantitatif, disebut sebagai metode tradisional, positivistic, scientific, confirmatory; 2. Metode kualitatif disebut sebagai metode baru, postpositivistic, discovery, interpretative; 3. Metode penelitian dan pengembanga (R&D) yaitu penelitian yang bermaksud menghasilkan produk tertentu dan sekaligus menguji keefektifan produk tersebut. Dalam buku ini, ketiga Metode tersebut diuraikan secara lugas, jelas dan tuntas, dengan bahasa yang mudah dimengerti serta diberikan contoh-contoh kongkrit.
650 # 4 $a Riset Penelitian Pendidikan
650 # 4 $a Smbangan Mahasiswa 2023
856 # # $a OPAC (Rak Tandon - Rak 4.8)
990 # # $a 330/SM-23
Content Unduh katalog