Tag
|
Ind1
|
Ind2
|
Isi
|
001
|
|
|
INLIS000000000009903
|
005
|
|
|
20231120025011
|
007
|
|
|
ta
|
008
|
|
|
231120################|##########|#|##
|
035
|
#
|
#
|
$a 0010-1123000125
|
082
|
#
|
#
|
$a (R)2023 TA-TIA 818
|
084
|
#
|
#
|
$a (R)2023 TA-TIA 818 HAS p
|
100
|
0
|
#
|
$a HASNAIM M
|
245
|
1
|
#
|
$a Penjadwalan Penggantian Komponen Mesin Rubber Tyred Gantry Menggunakan Metode (RCM) Pada PT. Equiport Inti Indonesia : $b Tugas Akhir /$c Hasnaim M (20TIA695)
|
250
|
#
|
#
|
$a 2023
|
260
|
#
|
#
|
$a Makassar :$b Politeknik ATI Makassar - Teknik Industri Agro,$c 2023
|
300
|
#
|
#
|
$a xi + 54 halaman : $b Tabel;Gambar ; $c 20,5 x 29 cm.$e Bibliografi;Lampiran
|
520
|
#
|
#
|
$a ABSTRAK
Hasnaim M, 2023. "Penjadwal Penggantian Komponen Mesin Rubber Tyred Gantry Menggunakan (RCM) Pada PT. Equiport Inti Indonesia" Dibawah bimbingan Bapak Abdul Samad selaku Pembimbing I dan Ibu Riskawati selaku Pembimbing II
PT Equiport Inti Indonesia (Ell) merupakan perusahaan jasa layanan bongkar muat petikemas container. Pada kegiatan bongkar muat container menggunakan alat atau mesin berupa Rubber Tyred Gantry (RTG) Permasalahan yang sering terjadi adalah beberapa komponen RTG yang mengalami gagal fungsi sehingga menghambat proses bongkar muat contoiner Pada PT Equiport Inti Indonesia (Ell) terdapat 15 unit Rubber Tyred Gantry (RTG), mesin yang sering mengalami kerusakan menurut data kerusakan mesin Rubber Tyred Gantry tahun 2022, yaitu RTG 03, RTG 04, RTG 15 dan RTG 17. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jadwal penggantian komponen mesin Rubber Tyred Gantry (RTG) pada P1. Equiport Inti Indonesia (Ell) dengan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance RCM Hasil yang diperoleh data dengan menggunakan metode RCM di dapatkan mesin yang memiliki Downtime yang paling besar yaitu mesin RTG 17 Serta didapatkan kompenen kritis dari RTG 17 yaitu Kable Teleskopik, Kampas Brake Trolley, dan Motor Trolley Short body. Berdasarkan hasil dari perhitungan interval perawatan komponen didapatkan hasil untuk komponen Kable Teleskopik dengan jumlah interval perawatan sebesar 1.950 jam, komponen Kampas Brake Trolley dengan jumlah interval perawatan sebesar 1.664 jam dan komponen Kampas Motor Trolley Short Body dengan jumlah interval perawatan sebesar 1.331 jam.
Kata kunci: RTG, Downtime, RCM
|
650
|
#
|
4
|
$a Tugas Akhir TIA 2023
|
856
|
#
|
#
|
$a OPAC (TA TIA 2023)
|
990
|
#
|
#
|
$a 129/TA TIA 2023
|