Judul | Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Pengendalian Kecepatan Putaran Motor Menggunakan Pengendali PID Auto Tuning Berbasis CX-One : Tugas Akhir / Ruthmiati (20OSP526) |
Pengarang | RUTHMIATI |
EDISI | 2023 |
Penerbitan | Makassar : Politeknik ATI Makassar - Otomasi Sistem Permesinan, 2023 |
Deskripsi Fisik | xi + 50 halaman :Tabel;Gambar ;20 x 29 cm.Bibliografi;Lampiran |
Subjek | Tugas Akhir OSP 2023 |
Abstrak | ABSTRAK RUTHMIATI 2023 Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Pengendalian Kecepatan Putaran Motor Menggunakan Pengendali PID Auto Tuning berbasis CX One. Dibawah bimbingan Taufik Muchtar, ST., MT, selaku pembimbing I dan Sukriyah Buwarda, ST., MT. selaku pembimbing II Kemajuan teknologi di bidang otomasi telah memberikan manfaat signifikan dalam menyederhanakan proses industri. Industri kini mendorong pemanfaatan mesin atau peralatan otomatis yang efisien dan efektif untuk meningkatkan efisiensi produksi Salah satu perangkat kendali otomatis yang umum dan luas digunakan dalam industri adalah PLC (Programmable Logic Controller), yang memungkinkan pengendalian dan pengaturan proses secara otomatis. Dalam PLC, terdapat sistem kontrol yang disebut Proportional-Integral-Derivative (PID) yang sangat populer di berbagai bidang otomasi industri dan pengendalian proses. PID dikenal karena memiliki struktur sederhana, stabilitas yang baik, performa yang kuat, dan dapat digunakan dalam berbagai kondisi. Fungsi utam |
Bentuk Karya | Tidak ada kode yang sesuai |
Target Pembaca | Tidak ada kode yang sesuai |
Lokasi Akses Online | OPAC (TA OSP 2023) |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
T238330151 | (R)2023 TA-OSP 818 RUT r | Baca di tempat | Perpustakaan Politeknik ATI Makassar - Ruang Referensi | Dibaca |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000009868 | ||
005 | 20231115100244 | ||
007 | ta | ||
008 | 231115################|##########|#|## | ||
035 | # | # | $a 0010-1123000090 |
082 | # | # | $a (R)2023 TA-OSP 818 |
084 | # | # | $a (R)2023 TA-OSP 818 RUT r |
100 | 0 | # | $a RUTHMIATI |
245 | 1 | # | $a Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Pengendalian Kecepatan Putaran Motor Menggunakan Pengendali PID Auto Tuning Berbasis CX-One : $b Tugas Akhir /$c Ruthmiati (20OSP526) |
250 | # | # | $a 2023 |
260 | # | # | $a Makassar :$b Politeknik ATI Makassar - Otomasi Sistem Permesinan,$c 2023 |
300 | # | # | $a xi + 50 halaman : $b Tabel;Gambar ; $c 20 x 29 cm.$e Bibliografi;Lampiran |
520 | # | # | $a ABSTRAK RUTHMIATI 2023 Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Pengendalian Kecepatan Putaran Motor Menggunakan Pengendali PID Auto Tuning berbasis CX One. Dibawah bimbingan Taufik Muchtar, ST., MT, selaku pembimbing I dan Sukriyah Buwarda, ST., MT. selaku pembimbing II Kemajuan teknologi di bidang otomasi telah memberikan manfaat signifikan dalam menyederhanakan proses industri. Industri kini mendorong pemanfaatan mesin atau peralatan otomatis yang efisien dan efektif untuk meningkatkan efisiensi produksi Salah satu perangkat kendali otomatis yang umum dan luas digunakan dalam industri adalah PLC (Programmable Logic Controller), yang memungkinkan pengendalian dan pengaturan proses secara otomatis. Dalam PLC, terdapat sistem kontrol yang disebut Proportional-Integral-Derivative (PID) yang sangat populer di berbagai bidang otomasi industri dan pengendalian proses. PID dikenal karena memiliki struktur sederhana, stabilitas yang baik, performa yang kuat, dan dapat digunakan dalam berbagai kondisi. Fungsi utama PID adalah menjaga sistem tetap berada pada nilai setpoint yang telah ditetapkan serta mengurangi steady state error, meskipun PID membutuhkan penyetelan manual. Oleh karena itu, permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membangun sistem monitoring dan pengendalian kecepatan putaran motor menggunakan pengendali PID dengan auta tuning berbasis CX-One Dengan menggunakan PID auto tuning, sistem akan secara otomatis mencari parameter yang sesuai dan mengurangi steady state error. Hasil pengujian menunjukkan bahwa, setelah menggunakan PID auto tuning, tingkat error rata rata dalam metode closed-loop dapat mengurangi sebesar ± 41% dari nilai setpoint saat motor diberi beban, dibandingkan dengan tingkat error sebesar 50% yang terjadi sebelum penggunaan PID auto tuning kunci: PLC, PID, Motor asychron, VSD, CX-ONE |
650 | # | 4 | $a Tugas Akhir OSP 2023 |
856 | # | # | $a OPAC (TA OSP 2023) |
990 | # | # | $a 151/TA OSP 2023 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :