01814 2200217 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059082002300098084002900121100001300150245020700163250000900370260008200379300007400461500097800535650003801513856003001551990001501581INLIS00000000001033320240307023902 a0010-0324000081ta240307 | | |  a(R)2024 LPG-14 818 a(R)2024 LPG-14 818 MUS i0 aMUSLIMIN1 aIbM Pengajaran Metode Jarimatika untuk Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa SD dan Anak Putus Sekolah :bLaporan Akhir Hasil Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat /cMuslimin, ST. (197412312002121012) a2014 aMakassar :bAkademi Teknik Industri Makassar - Teknik Elektro Industri,c2014 aiv + 6 halaman :bTabel;Gambar ;c20,5 x 29 cm.eBibliografi;Lampiran aABSTRAK Pada sebagian siswa SD menganggap bahwa matematika adalah merupakan pelajaran yang sulit. Dalam pelajaran ini menuntut guru untuk lebih berinovasi dalam mengajarkan materi matematika kepada anak didiknya. Untuk membantu meningkatkan minat dan mutu proses belajar mengajar, khususnya dalam matematika, antara lain dengan memberikan variasi media dan metode pembelajaran. Anggapan dari siswa ini dapat ditepis bila diberikan metode pembelajaran dan inovatif. Salah satunya dalah mengajarkan cara berhitung kepada siswa dengan jarimatika. Jarimatika merupakan cara berhitung dengan menggunakan alat bantu jari-jari tangan. Metode jarimatika juga sangat membantu para anak putus sekolah untuk memahami konsep berhitung yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Dengan cara yang relatif lebih mudah dan efisien. Sehingga minat belajar siswa dapat ditingkatkan, terutama dalam mata pelajaran matematika. Kata Kunci: siswa, anak putus sekolah, jarimatika. 4aLaporan Pengabdian Dosen TEI 2024 aOPAC (LPG DOSEN TEI 2024) a137/LPG-24