01888 2200229 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008003900059082002300098084002900121100002000150245018200170250000900352260008000361300007300441650003800514520105200552856002401604990001501628990001501643INLIS00000000001018320240215124840 a0010-0224000075ta240215 | | |  a(R)2024 LPN-14 818 a(R)2024 LPN-14 818 MAH p0 aMAHLINA Ekawati1 aPengaruh Variasi Sambungan Las Terhadap Kekuatan Chasis (ST 42) Kendaraan Roda Dua (Motor) :bLaporan Akhir Hasil Penelitian Dosen ATIM /cMahlina Ekawati, ST., MT. (1287080890) a2014 aMakassar :bAkademi Teknik Industri Makassar - Teknik Mesin Industri,c2014 avii + 7 halaman :bTabel;Gambar ;c21 x 29 cm.eBibliografi;Lampiran 4aLaporan Penelitian Dosen TMI 2024 aABSTRAK Chasis (rangka kendaraan) berperan dalam memaksimalkan beban yang dibawah. Untuk memaksimalkan beban yang dibawah oleh chasis perlu ditingkatkan kekuatan dari chasis pada saat pembuatannya. Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan chasis adalah melalui sambungan dengan cara pengelasan (welding) dengan berbagai jenis sambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sambungan las terhadap kekuatan chasis kendaraan roda dua dan mengetahui perbandingan kekuatan las dengan menggunakan sanvubgan V dan kampuh vv. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan pengujian kekuatan chasis dengan menggunakan sambungan las kampuh v dan sambungan las kampuh vv. Dari hasil analisis data perhitungan kekuatan akan didapatkan perbandingan kekuatan chasis tanpa pengelasan lebih rendah yaitu 31,81 kg/mm2 dibanding chasis dengan sambungan las kampuh v yaitu 31,84 kg/mm2 dan chasis dengan sambungan las kampuh vv yaitu 35,80 kg/mm2. Kata Kunci: chasis, pengelasan, sambungan las, kampuh v, kampuh vv, kekuatan. aOPAC (LPN TMI 2024) a142/LPN-24 a143/LPN-24