02035 2200265 4500001002100000005001500021035002000036005001500056035002000071007000300091008003900094082002300133084002900156100001000185245016400195250000900359260007400368300007500442650003100517700001000548520115800558856002301716990001501739990001501754INLIS00000000001010020240129122909 a0010-012400006220240129121800 a0010-0124000062ta240129 | | |  a(R)2024 LPN-13 818 a(R)2024 LPN-13 818 MER u0 aMERLA1 aUsing Deductive Method in Teaching English Grammar Through Group Work :bHasil Penelitian Dosen ATIM /cMerla, SS., M.Hum. (197210112005022001); Ronny (104828) a2013 aMakassar :bAkademi Teknik Industri Makassar - Teknik Industri,c2013 aii + 11 halaman :bTabel;Gambar ;c21 x 29,3 cm.eBibliografi;Lampiran 4aLaporan Penelitian TI 20240 aRonny aABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah metode deduktif pengajaran bahasa inggris dengan bantuan teknik belajar berkekelompok memiliki pengaruh positif pada peningkatan nilai akademik mahasiswa Akademi Teknik Industri Makassar, khususnya mahasiswa Teknik Penyuluh Lapangan (TPL). Penggunaan metode deduktif dengan bantuan belajar kelompok, memiliki peranan positif dalam meningkatkan nilai kademik mahasiswa TPL. Nilai mahasiswa TPL B, yang belajar dengan menggunakan metode deduktif dengan bantuan belajar kelompok, lebih meningkat dengan skor Pre-test (60.9000) dan Post-test (86.2000). Metode deductive dengan bantuan belajar secara berkelompok dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar bahasa inggris, memotivasi mereka, dan menjadi sebua metode efektif dalam mengejarkan grammar, khususnya mereka yang agag kurang. Metode ini juga mampu meningkatkan rasa rasa percaya diri mahasiswa. Metode ini juga mampu mengubah pendapat orang bahwa metode deduktif hanya membuat mahasiswa pasif karena guru hanya fokus pada penjelasan dan pemberian contoh. Kata Kunci: Metode Deductive, Belajar Kelompok, Experimental Group. aOPAC (LPN TI 2024) a007/LPN-24 a008/LPN-24